Posts

Alun-Alun, Wisata Gratis di Tengah Kota Lamongan

Image
Berkunjung ke kota Lamongan tak lengkap jika belum mengunjungi wisata-wisata yang ada di Lamongan. Ada banyak tempat wisata yang menarik dan instagenik di Lamongan. Termasuk Alun-alun Lamongan. Sebagai salah satu tempat wisata di tengah kota yang gratis, Alun-alun LAmongan setiap harinya sangat ramai dikunjungi dari pagi, siang, sore. Apalagi jika malam menjelang, lampu-lampu di sekitar alun-alun serta riuhnya pengunjung menjadi daya tarik sendiri. Untuk berkunjung ke sini hanya dikenakan tarif parkir saja sekitar 2000 rupiah.

Alun-alun adalah tempat dimana semua masyarakat Lamongan berkumpul. Tempat luas terbuka di tengah kota ini menjadi jantung kota Lamongan. Beberapa jenis tanaman menghiasi di setiap sudut menambah keindahan serta keasrian alun-alun. Dan dengan beragam fasilitas yang disediakan, menjadikan alun-alun Lamongan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Lamongan.

Ada beragam fasilitas yang ditawarkan, seperti taman,  arena bermain, taman baca, lapangan basket,…

Tahu Campur, Kuliner Maknyus Khas Lamongan

Image
Tahu Campur Rek soko Lamongan Anget-anget enak rasane Cambah tahune gimbal daginge Krupuk sawi kecap iku maceme
Tahu campur rek soko Lamongan Regane murah enak rasane Ayo pro konco do rame-rame Ojo nganti lali tahu campure
Hu tahu campur Tahu tahu hu tahu campur Ayo konco podo tuku tahu campur 2X (Lirik lagu Tahu Campur Lamongan)

Hayo.. siapa yang pernah dengar atau malah pernah menyanyikan lirik lagu di atas? Kalau saya terakhir kali menyanyikan lagu tersebut ketika kelas 6 SD. Hemm..sekitar 16 tahun yang lalu...hehe.. sudah lama sekali..... Tapi saya tidak akan membahas masalah lagu tersebut tapi tentang Tahu Campurnya.
Tahu campur merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur, tepatnya berasal dari kota Lamongan. Tahu campur adalah makanan tradisional yang isinya terdiri dari daging sapi, tahu goreng, perkedel singkong, taoge, selada, mie kuning dan kerupuk udang. Tidak ketinggalan kuah sop daging sapi, bumbu petis serta bawang goreng. Lebih mantap lagi diberi sambal.
Bagaimana Cita Rasa Tahu Ca…

Rindu dan Kenangan

Image
Mengharap Rindu

Dari jendela persegi, sesekali aku ingin menengok keluar,
Memandang bunga mawar bermekaran
di atas pot-pot menuju jendela rumahmu
Lalu rindu-rinduku akan menyapa di setiap wanginya

Saat senja menjelang,
Semburat jingga tak jua melahirkan pertemuan
Meski telah kulukis siang dengan cahaya keemasan
Aku menerka-nerka, jika pada harimu, senyumku tak kunjung pudar meski duka terhambar di pelataran
Kau bisa saja merangkul pelukku,
ketika aku ingin berlari, padahal telah kusayatkan luka,
tawa bahkan kisah di malam-malam yang kita sulam dengan ribuan cinta dan air mata

Detik demi detik sengaja kuhalau
Karena aku ingin menikmati rembulan di matamu
dari jejak waktu ke waktu, kuselipkan doa dalam rintik petang,
Dan terbang bersama malam tuk menemukan rindumu
Kuyakin belum musnah, meski aromanya telah pudar tak seharum purnama lalu
Harapan kita telah menjelma malam dengan sedikit ditemani bintang

Apakah kau kini rindu?
Kuharapkan itu...

Lamongan, 20/9/2019



Kenangan

Kenangan melahirk…

Festival "Lamongan Tempoe Doeloe", Bukan Sekedar Lokasi Berswa Foto

Image
Tanggal 6-7 September 2019, Lamongan kembali mengadakan Festival "Lamongan Tempoe Doeloe" (LTD) sebagai obat kerinduan bagi para perindu nuansa Jaman Biyen (Jaman dulu). LTD menyuguhkan budaya, sejarah dan kuliner khas Lamongan jaman dulu. Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival ini diikuti oleh OPD lingkungan Pemkab, Perusahaan Swasta, Perbankan dan Komunitas-komunitas. Totalnya ada 66 stand yang berjejer di sepanjang jalan Lamongrejo.
Setiap peserta mendapatkan stand dimana di tempat tersebut harus didirikan sebuah rumah, warung atau bangunan-bangunan khas tempo dulu. Yang pasti identik dengan rumah bambu, jerami, pawon dan juga tidak lupa jajanan khas tempo dulu seperti Serabi, Glondongan, Gempo, Plonter dan sebagainya. 




Selain bangunan-bangunan yang didesain menyerupai bangunan lawas, terdapat juga barang antik seperti sepeda tua, barang-barang elektronik lawas serta foto-foto jaman dulu.



Yang menjadi pembeda dengan LTD tahun sebelumnya, kali ini di hari pertama gelaran LT…

Service Laptop Terbaik Dengan Harga Bersahabat di Surabaya

Image
Laptop ngadat bikin kerjaan jadi terhambat. Nah sebagai blogger yang sering berkutat dengan laptop nih, saya sering mengalami kegalauan gara-gara pas lagi asyik buat artikel dan dikejar deadline, eh laptop tiba-tiba ngadat dan tidak mau nyala. Akhirnya tuh laptop masuk deh tempat service. Karena lagi butuh banget tuh laptop, pengennya servicenya cepat selesai tapi pengerjaannya lama dan terkendala antrian. Jalan satu-satunya mengetik tulisan lewat handphone. Memang sebelumnya saya sering pakai handphone buat menulis artikel tapi karena layarnya yang kecil, membuat mata kurang nyaman kalau lama-lama menatap layarnya. Apalagi tulisan-tulisannya terlihat sangat kecil, maka sekarang saya lebih suka lewat laptop.

Dari pengalaman service laptop tersebut, saya sangat berhati-hati menggunakan laptop agar tidak cepat ngadat. Tapi namanya juga alat elektronik pasti punya masa istirahatnya. Nah, tiba-tiba saat cerita kegalauan saya mengenai laptop, ada teman saya yang merekomendasikan tempat se…

Penguatan Akhlak Milenial Melalui Kisah Islami Nabi Muhammad SAW

Image
Dunia kini tengah mengalami perubahan sangat pesat. Terlebih memasuki era revolusi industri 4.0 dimana perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi basis di kehidupan manusia di berbagai negara. Hal tersebut juga mempengaruhi masyarakat di Indonesia. Masyarakat dituntut mempunyai kualitas untuk dapat bersaing secara global, berfikir kreatif dan melakukan inovasi, serta menguasai setiap perkembangan teknologi yang mana merupakan hal penting bagi masa depan.

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi di era Revousi Industri 4.0 membawa dampak baik dan buruk bagi masyarakat. Baik karena dengan kemajuan teknologi, masyarakat dapat kemudahan memperoleh informasi dan melakukan banyak hal. Seperti yang diketahui sekarang, untuk membeli keperluan sehari-hari bisa dilakukan tanpa keluar rumah. Hanya menggunakan gadget dan barang yang dibeli telah sampai di rumah. Tapi resiko buruknya yaitu berkurangnya Sumber Daya Manusia karena digantikan oleh mesin atau robot dan informa…

Kowakan dan Batik Singomengok, Ciri Busana Adat Khas Lamongan

Image
Lamongan tahun ini punya busana adat yang baru loh!
Bertepatan dalam perayaan hari jadi Lamongan yang ke 450 tahun bulan Mei kemarin, Bapak bupati H. Fadeli, SH, MM dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan mengenalkan busana adat Lamongan.

Lalu bagaimana sih busana adat Lamongan tersebut?
Busana adat Lamongan ini menggunakan bahan wol untuk atasan laki-laki dan kain broklat untuk atasan perempuan. Untuk warna baik laki-laki maupun perempuan menggunakan warna hitam karena hitam memiliki makna khusus yaitu melambangkan kekuatan, kewibawaan, dan keanggunan.


BUSANA LAKI-LAKI

Busana lelaki  berwarna hitam selain bermakna kekuatan, kewibawaan dan keanggunan juga sebagai penghormatan pada Bupati Lamongan yang pertama yakni Ronggohadi. Busana yang sering beliau pakai adalah busana warna hitam. Kancing baju berjumlah lima untuk melambangkan Rukun Islam dan Pancasila.
Busana khas adat Lamongan ini adalah perpaduan sejumlah budaya lokal. Seperti pada bagian depan bawah baju terdapa…

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics