Mencicipi Nasi Boran di Kota Soto


Selain terkenal sebagai kota Adipura Kencana, kota Lamongan juga terkenal dengan kota Soto. Buat para pecinta kuliner, jika mampir ke kota Lamongan jangan lupa mencicipi makanan khas Lamongan. Selain soto, anda juga dapat merasakan nikmatnya nasi boran dengan bumbu yang sedap.

Daripada penasaran, yuk mari mengenal lebih dalam Nasi Boran ala kota Soto ini.



Nasi Boran adalah makanan tradisional khas Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Nasi Boran sendiri sering disebut Sego Boran. Boran diambil dari kata Boranan, yaitu tempat yang dibuat dari anyaman bambu dan biasanya digendong dengan sebuah selendang.
Nasi Boran atau Sego boran belum terkenal di daerah lain karena hanya di Lamongan saja Nasi Boran banyak dijumpai. Apa sih isi dari Nasi Boran itu?  Nasi Boran yang pastinya terdiri dari nasi, lauk, bumbu dan juga rempeyek. Sedangkan untuk lauknya bermacam-macam jenisnya, dari telur dadar, telur asin, daging ayam, tahu dan tempe, ikan bandeng, jeroan dan juga ikan sili. Ikan sili tidak bisa ditemukan kapan pun karena ikan sili adalah ikan musiman. Ikan ini bentuknya seperti belut tapi kecil, kepala dan ekornya pun hampir sama. Dan ikan sili ini harganya lebih mahal dibanding daging ayam.

Oh ya, dan tak lupa empuk dan pletuk sebagai pelengkapnya. Hemm, yang belum pernah nyobain nasi boran pasti bertanya-tanya. Apa itu empuk dan pletuk. Empuk dibuat dari tepung terigu yang dibumbui sedangkan untuk pletuk terbuat dari kacang atau nasi yang dikeringkan kemudian dibumbui dan digoreng. Dan kenapa diberi nama pletuk itu karena ketika di makan bunyinya 'pletuk pletuk'.

Nah kalau mau coba kelezatan nasi boran, anda bisa temukan penjual-penjual nasi boran di kawasan pasar, stasiun dan di sekitar Alon-alon kota dengan dijajakan secara lesehan. Mau coba? Mari berkunjung ke kota Lamongan, kota kecil nan asri.

Ini foto pribadi yang diambil saat makan nasi boran ketika jam istirahat makan siang.


Sekedar tambahan, nasi boran ini dipatenkan sebagai salah satu tari di Lamongan yaitu Tari Boran. Untuk mengenal lebih detail mengenai tari boran, akan saya kupas di postingan selanjutnya.

Comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics

Popular posts from this blog

Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja