Waduk Gondang, Wisata Alam Asri Di Lamongan

Dok. pribadi
Gondang?
Apa yang terbesit saat orang mendengar kata Gondang?
Mungkin ada yang menyebut sejenis lagu, nama sebuah desa atau bahkan keong bercangkang bangsa Ampullarini. Tapi Gondang kali ini adalah sebuah waduk yang terkenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Lamongan, yaitu Waduk Gondang. Istilah gondang sendiri menurut Kamus Besar Indonesia (KBBI) adalah pohon yang tinggi besar yang kulit batangnya mengeluarkan getah putih yang dapat diolah menjadi lilin untuk membatik. Sama seperti wisata Waduk Gondang selain pemandangan air yang ditawarkan, juga terdapat rimbunan pohon besar yang difasilitasi dengan sarana permainan anak-anak, lapangan sepak bola, dan kebun binatang mini yang cocok sebagai liburan keluarga serta tempat wisata ini juga dipergunakan untuk bumi perkemahan.

Bagi yang ingin mencari tempat ketenangan setelah menjalani rutinitas yang padat, waduk gondang di Lamongan ini bisa jadi tempat favorit. Hamparan pepohonan dan rerumputan yang hijau di sekitar waduk gondang dapat sejenak merileksasikan pikiran. Apalagi letak wisata ini jauh dari keriuhan dan kebisingan kota. Waduk Gondang letaknya di 19 KM arah barat kota Lamongan tepatnya di desa Gondang Lor, Deket Agung Kecamatan Sugio. Waduk dengan luas 6,60 Ha dan kedalaman sekitar 29 meter ini dibangun sekitar tahun 1972 dan  baru diresmikan pada tahun 1987 olek presiden RI ke-2 yaitu Presiden Soeharto.

Dok. Pribadi

Untuk transportasi ke wisata ini sangatlah mudah karena dapat dijangkau dengan roda dua maupun roda empat. Jika dari luar kota Lamongan dapat menggunakan kendaran pribadi atau angkotan umum. Dengan kendaraan pribadi dari arah Surabaya bisa langsung mengarah ke Lamongan kota atau arah terminal. Setelah Perpustakaan Umum Daerah Lamongan belok kiri ambil arah ke selatan. Lurus terus mengikuti arah jalan sampai bertemu perempatan jalan Basuki Rahmat. Kemudian belok kanan lurus ke arah desa Sugio. Di sana nanti ada papan penunjuk wisata atau tanya ke warga setempat atau karena jaman lebih canggih bisa mempergunakan aplikasi maps di handphone. Tapi jika menggunakan bus dapat turun di terminal Lamongan dan naik ojek ke tempat wisata.
Depan gapura masuk wisata terdapat tulisan besar Taman Wisata Waduk Gondang dengan warna kuning. Sebelum masuk ke tempat wisata, pengunjung dikenai tarif Rp 3.000. Sangat murah bukan?
Meskipun harga tiketnya sangat murah tapi wisata Waduk Gondang ini tetap menyediakan pelayanan dan fasilitas bagi wisatawannya. Area parkir kendaraan yang aman dan luas memudahkan pengunjung dalam parkir kendaraan pribadi. Kombinasi antara keindahan waduk, hijaunya pepohonan serta kebun binatang kecil yang disuguhkan sungguh menyejukkan. Beberapa jenis hewan yang ada di sana yaitu rusa, orang utan, ular, burung merak, landak serta beberapa jenis burung. Tak hanya itu saja, untuk dapat menikmati sejuknya air waduk, pengunjung dapat berenang di tepian waduk. Hanya di tepian. Karena semakin ke tengah, airnya bertambah dalam. Tapi jika tidak ingin berenang, pengunjung dapat sewa perahu nelayan yang dapat muat belasan orang atau perahu bebek yang disediakan untuk menikmati pemandangan dari tengah-tengah waduk.

Apabila lapar dan dahaga mulai menyerang,  tak perlu kesulitan untuk mencari makanan karena banyak warung makan dengan menu-menu tradisional. Warung-warung ini pun didesain menghadap ke arah waduk hingga pengunjung dapat menikmati makanannya dengan melihat pesona waduk gondang.

Tertarik untuk menikmati indahnya waduk? Masukan Waduk Gondang sebagai daftar tempat wisata kalian!

#Onedayonepost
#ODOPbatch5

#ODOPharike-3

Comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics

Popular posts from this blog

Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja