Pentingnya Nutrisi Pada Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)


Pada hari Sabtu, 03 Maret 2018 kemarin aku berkesempatann menghadiri acara talkshow kesehatan bareng Nutricia Sarihusada melalui gerakan yang dikenal dengan NUB (Nutrisi Untuk Bangsa) bersama teman-teman blogger Surabaya.

Acara talkshow yang diadakan dalam rangka Hari Gizi 2018 ini dilaksanakan di Bangi Kopitiam, jalan Walikota Mustajab Surabaya dengan mengambil tema “Menyediakan Gizi Terbaik dalam Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)“. Acara yang dimulai pukul 13.00 hingga pukul 16.00 WIB ini dibagi menjadi 3 acara, yaitu:

1. Konsultasi Kesehatan
2. Talkshow Kesehatan
3. Cooking Class

Selain itu, NUB juga menyediakan hadiah menarik bagi pemenang photo IG dan live tweet competition. Peserta juga dapat menikmati fasilitas photobooth gratis serta makan siang yang menggugah selera.

Lalu bagaimana keseruan acaranya? Aku akan membahasnya satu persatu.

Konsultasi Kesehatan

Para peserta yang sudah tiba di Bangi Kopitiam langsung diarahkan menuju tempat registrasi peserta. Kemudian bisa melanjutkan ke sesi foto yang telah disediakan pihak NUB. Background dan dekorasi untuk foto ini sangat keren, menarik dan tentunya instagramable. Nah, untuk hasil cetak foto bisa diambil selesai acara.
Photobooth
Konsultasi Kesehatan

Di sebelah photobooth telah disiapkan tempat untuk konsultasi kesehatan, seperti ukur tinggi dan berat badan, melakukan tensi, dan mendapatkan informasi tentang status gizi kita.

Talkshow Kesehatan

Setelah para peserta makan siang, tepat pukul 13.00 WIB mbak MC cantik mulai membuka acara talkshow kesehatan tentang Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan. Sebelum masuk acara talkshow Bapak Arief Mujahidin memberikan sambutan terlebih dahulu.

Talkshow ini meghadirkan 2 narasumber yang ahli di bidang kesehatan khususnya kesehatan anak dan kehamilan.

Narasumber pertama yaitu Dr. Aisiya Widjaja, Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak Universitas Airlangga/ RSUD Dr Soetomo Surabaya.
Dr. Aisiya Widjaja

Menurut Dr. Aisiya, masa depan anak ditentukan dari 1000 hari pertama kehidupannya sehingga periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) membutuhkan nutrisi dan gizi terbaik. 1000 HPK tersebut dimulai sejak pembuahan hingga anak berusia 2 tahun (730 hari). Pertumbuhan bayi dalam kandungan ibu itu dari usia 8 minggu sampai 40 minggu. Dr. Aisiya juga menjelaskan tentang pentingnya nutrisi dan gizi selama masa 1000 HPK karena jika nutrisinya kurang maka dapat berakibat anak menalami stunting atau gangguan pertumbuhan.

Seorang bayi saat usia 3 bulan pertama pertumbuhannya pesat tapi semakin bertambahnya umur, berat badan tidak seperti awal. Sedangkan pertambahan panjang badan seorang anak berubah setiap tahunnya. Saat umur 1 tahun bertambah 25 cm, 2 tahun 12,5 cm, 3 tahun 8 cm dan di atas 3 tahun sampai pubertas bertambah 4 hingga 7 cm.
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan adalah nutrisi, genetic dan stimulasi.
Saat memasuki masa MPASI, seorang ibu juga harus memperhatikan nutrisi untuk anak. Untuk memenuhi nutrisi, ada dua jenis makanan yang diberikan yaitu zat gizi makro (karbohidrat, protein dan lemak) dan zat gizi mikro.
Kelompok bahan makanan yang direkomendasikan WHO untuk memenuhi zat gizi makro dan mikro dalam MPASI harus mengandung:

1. Kelompok Karbohidrat dari bahan makanan lokal
  - Biji-bijian (cereal) seprti beras, gandum, jagung (untuk kelompok ini masih mengandung cukup protein.
2. Kelompok protein hewani dan ikan untuk memnuhi kebutuhan zat besi, zinc karena kelompok karbohidrat tidak mengandung cukup zat besi. Protein hewani yang mengandung zat besi seperti: hati sapi atau ayam, daging merah.

Tidak ada pemberian menu tunggal 14 hari saat pemberian MPASI karena menu tunggal tidak mencukupi kadar zat besi, zinc, dan kalsium yang sudah tidak bisa dipenuhi oleh ASI.

Setelah penjabaran tentang pentingnya nutrisi dan gizi terbaik pada 1000 HPK oleh Dr. Aisiya, talkshow dilanjutkan narasumber kedua yaitu Bidan Atik Kasiati Bidan lulusan Magister Kesehatan Reproduksi FK Unair yang juga merupakan Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Indonesia.

Bidan Atik Kasiati

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Dr. Aisiyah, Bidan Atik juga menyetujui pentingnya nutrisi terbaik yang harus diberikan pada periode 1000 HPK.

Selama masa kehamilan, seorang ibu hamil harus rutin memeriksakan kandungannya ke dokter. Adapun standart pelayanan Antenatal (Sebelum lahir atau hamil), yaitu:

1. Timbang badan dan ukur tinggi badan
2. Ukur tekanan darah
3. Nilai status gizi (ukur LILA) lingkar lengan atas normal 23,5 cm
4. Ukur Tinggi Fundes Uteri dari tepi atas simpisis sampai ke atas uteri normal
5. Tentukan presentasi janin dan denyut jantung janin
6. Skriting status imunitas TT (dan pemberian imunisasi TT)
7. Pemberian tablet besi (90 tablet selama kehamilan)
8. Test lab sederhana (golongan darah, hb, glukoprotein urin) dari atau berdasarkan indikasi (HBsAG, Sifitis, HIV, Malaria, TBC)
9. Tata laksana kasus
10. temu wicara (konseling) termasuk p4k serta KB PP.

Bidan Atik juga memaparkan selain memperhatikan nutrisi makanan juga cinta seorang ibu dan ayah sendiri sangat dibutuhkan. Saat bayi masih dalam kandungan, ibu atau ayah sudah harus mengajak komunikasi. Selama kehamilan dukungan suami sangat diperlukan.

Cooking Demo

Acara terakhir yaitu cooking demo dengan dua sesi. Sesi pertama menghadirkan Ibu Alina, pemenang kompetisi cipta kreasi masak Danone. Sedangkan narasumber kedua adalah Chef Rissa Navratilova dan Chef Revaldi.

Ibu Alina demo sedang membuat agar-agar Labu Kuning

Ibu Alina mempraktekan cara membuat Agar-agar Labu Kuning dengan bahan dasar sederhana. Tapi meskipun sederhana tapi terdapat gizi di dalamnya. Agar-agar labu kuning ini sangat cocok untuk anak-anak.

Selanjutnya giliran Chef Rissa dan Chef Revaldi untuk demo memasak. Mereka membuat resep masakan yang sederhana tapi kandungan gizi dan nutrisinya tetap ada. Chef Rissa dengan resep ayam pesto kelor dan katuk sedangkan Chef Revaldi dengan resep carrot dessert.

Chef Rissa dan Chef Revaldi

Tips yang diberikan oleh chef untuk memasak makanan sehat harus menggunakan sayuran segar bebas pestisida seperti sayuran organik.

Setelah selesai demo memasak dan tentunya incip-incip hasil masakan para chef, MC mengumumkan pemenang live twitter dan photo instagram. Dan terakhir para peserta dapat goodie bag tas merah cantik.

Jadi nutrisi terbaik 1000 HPK itu sangat penting. Mulai sekarang ayo kita memberikan nutrisi dan gizi terbaik untuk masa depan anak-anak.


#NutrisiTerbaik1000HPK
#Nutrisiuntukbangsa
#NutriciaSarihusada
#HariGizi2018



Comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics

Popular posts from this blog

Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja