Reading Challenge: Usai Taklukan MR Kini Ditantang HR



Akhirnya aku lulus juga setelah beberapa periode aku ngendok di Middle Reader (MR). Dan kini aku masuk kelas selanjutnya, yaitu High Reader (HR). Yang jelas ini pasti lebih horror dari MR.

Di kelas MR target membaca tiap hari minimal 15 halaman selama 40 hari. Dan ada tantangan tiap pekan membaca buku dengan tema yang ditentukan. Misal buku sejarah, biografi, buku peraih nobel sastra, politik dan lain-lainnya.

Ada banyak suka dan duka saat berada di kelas MR. Duka pertama, buku yang ditentukan tidak ada di rumah berarti harus ke perpustakaan atau pinjam tetangga sebelah. Kalau benar-benar tidak bisa keluar rumah, cara lain yaitu cari ebook terkait tema tersebut. Dan ini menjadi duka kedua. Kenapa? Karena tidak mudah membaca ebook di handphone. Mata cepat lelah dan pusing. Ini terjadi padaku saat harus membaca buku peraih nobel sastra. Aku hanya punya ebook Orhan Pamuk. Mau tidak mau aku harus baca. Yang bikin ngenes adalah jumlah halamannya kurang lebih 600 halaman. Itu benar-benar buat mata sepet dan membuatku minum jus wortel tiap pagi.
Duka selanjutnya adalah saat mau setor jumlah halaman, eh kuota internet habis. Mau gak setor karena alasan kuota, tapi ibu wali kelas tidak menerima alasan itu. Sehari tidak lapor maka ada peringat berupa silang merah. Sampai lebih dari tiga kali tidak lapor, maka tanda pentung merah akan muncul. Yang selanjutnya disusul predikat tidak lulus. Benar-benar buat sedih.

Tapi di balik sisi dukanya, kelas Reading Challenge yang diadakan FLP Jatim ini sangat bermanfaat sekali. Aku jadi lebih sering membaca dan mendapatkan banyak ilmu, belajar istiqomah dan jujur, serta memberi motivasi untuk selalu membaca karena membaca punya sejuta manfaat.

Sebenarnya aku bingung mau nulis apa lagi, karena ini termasuk salah satu tugas di kelas HR maka harus dikerjakan kalau tidak mau di DO.
DO berarti harus merelakan kelas HR dan jika mau ikut RC lagi, maka harus mengulang lagi dari kelas R.

Bagaimana tahap-tahapan kelasnya, bisa dibaca di bawah sini

Reading Challenge FLP Jatim: Dari Paksaan Hingga Kebiasaan


Comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics

Popular posts from this blog

Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja