Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja


Berkunjung ke Kota Gudeg tentu kurang lengkap jika belum mengunjungi pusat oleh-oleh. Minggu, 28 Oktober 2018 aku berkesempatan mengunjungi sentra kaos unik khas Jogja bersama rombongan RS Muhammadiyah Lamongan. Jalan-jalan ke Jogja kali ini dalam rangka Family Gathering tempat kerja suami, RS Muhammadiyah Lamongan.
Salah satu sentra oleh-oleh yang kami kunjungi adalah Omah Oblong yang dikenal dengan nama JeThe alias Jogja T-Shirt.




Dengan rombongan 3 bus besar, kami menuju Omah Oblong yang berada di Jalan Jambon RT 01/RW 19, Baturan, Trihanggo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampai di sana, ternyata tidak hanya bus dari rombongan kami tapi ada lagi beberapa bus yang datang dari rombongan lain.
Uniknya, kedatangan kami para pengunjung disambut ramah dengan karyawan yang mengenakan baju kebaya khas Jawa. Ada dua pintu yang memisahkan antara pintu masuk dan pintu keluar. Selain itu, sebelah pintu masuk ada tempat dimana ada kaos berukuran raksasa.

Setelah masuk, di sebelah kanan ada sebuah ruangan besar. Karena penasaran, aku mengajak suami masuk ke tempat tersebut. Ternyata ruangan tersebu terbagi menjadi dua. Sebelah kanan terdapat deretan mesin jahit yang merupakan alat yang digunakan memproduksi bahan kaos. Dan di sebelah kiri terdapat meja untuk sablon, lengkap dengan peralatannya. Karena waktu berkunjung hari Minggu, para karyawannya libur jadi waktu masuk ke sana sepi tidak ada karyawan yang bekerja.

Alat jahit kaos

Tempat sablon kaos
Omah Oblong ini sudah dijadikan tempat wisata sehingga pengunjung bisa melihat-lihat proses pembuatan kaos. Kalau pas hari kerja, pengunjung bisa langsung melihat para karyawan membuat kaos dan menyablonnya.

Setelah melihat-lihat alat proses pembuatan kaos, aku dan suami masuk ke dalam toko. Di sana banyak sekali kaos yang dijual dengan berbagai desain dan ukuran. Desainnya unik dan menarik. Ada gambar wayang, penjual jamu, petani, penari, petruk, icon Jogja dan juga ada tema budaya khususnya Yogyakarta.
Selain itu ada juga kaos yang dipadu dengan motif batik. Di lantai 1 ini, pengunjung bebas memilih kaos JeThe sesuai ukuran dan harganya. Bahan dan warnanya pun sangat beragam. Ada kaos dari ukuran anak-anak hingga dewasa.
Untuk kaos dengan kualitas menengah, berkisar Rp 59.000 – Rp 89.000. Ini bahannya campur katun. Tapi ada juga harganya yang sangat miring, dengan Rp 50.000 saja bisa dapat 3 pcs kaos.Murah bukan?


Aku sama suami pilih-pilih kaos untuk oleh-oleh ponakan. Kami ambil 4 kaos ukuran anak kecil, 1 kaos berbahan campuran katun, 2 kaos dewasa untuk kami dan 1 kaos yang dipadu motif batik. Yang satu ini kami pilih di lantai 2.
Oh iya, di lantai 2 selain tempat kasir juga ada penjualan kaos dan souvenir lainnya. Seperti batik, topi.
Untuk di lantai 2 kaosnya lebih mahal dari kaos yang ada di lantai 1. Jadi kalau mau kualitas yang premium, bisa langsung naik ke lantai 2.

Lantai 2

Tempat Kasir
Setelah selesai keliling-keliling toko dan melihat-lihat kaos, menurutku tempat wisata ini wajib dikunjungi. Banyak pilihan kaosnya, tempatnya nyaman dan yang pasti bisa menambah edukasi tentang proses pembuatan kaos. Tentunya kalau mau detail belajar membuat kaosnya, lebih baik berkunjung ke sini waktu hari dan jam kerja. Kata pramuniaganya, tempat ini memang sudah sering dikunjungi pelajar jadi tidak akan mengganggu karyawan yang sedang bekerja.

Kalau ke Jogja jangan lupa yuk mampir ke Omah Oblong...




Comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics