Habiskan Hari Libur Dengan Buku


Adanya Taman Baca ini bermanfaat sekali bagi masyarakat Lamongan untuk menumbuhkan minat baca terutama bagi anak-anak. Itulah komentar dari Bapak Teguh salah satu pengunjung Taman Baca Dinperpusda Alun-alun Lamongan. Hampir 80 orang berkunjung ke Taman Baca sangat antusias membaca buku pada Minggu (31/3/2019)

Setiap Minggu pagi, Taman Baca terbuka bagi masyarakat Lamongan yang sedang menghabiskan hari liburnya di Alun-alun Lamongan.
"Kalau untuk orang dewasa seperti saya suka baca buku yang berhubungan dengan hobi, misal buku tentang menanam sayur, berternak atau daur ulang. Sedangkan untuk anak-anak saya,  suka buku-buku cerita bergambar. Di rumah kami membiasakan anak-anak membaca. No gadget." Tambah bapak Teguh yang merupakan guru SMP Negeri 1 Tikung.

Taman Baca Alun-alun yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan ini dibuka pada tanggal 14 Februari 2019. Dari data pengunjung dari awal buka hingga sekarang sudah ada 1000 lebih pengunjung yang datang.

Bapak Denny, pekerja di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya juga menambahkan bahwa beliau sekeluarga senang dapat berkunjung ke Taman Baca Alun-alun Lamongan. Anak-anak dapat membaca buku untuk menambah wawasan. Bahkan beliau menawarkan buku-bukunya yang ada di rumah untuk disumbangkan ke Taman Baca.

Kabid Pengolahan dan Akuisisi Dinas Perpustakaan Lamongan Rara Ari Palupiningrum, S.H, MM,menjelaskan, bahwa dengan adanya penyediaan bahan bacaan seperti di Taman Baca Alun - Alun bisa menjadi sarana Wisata Edukasi dan Learning Center masyarakat Lamongan. Masyarakat dapat memanjakan keluarga tercinta dengan menikmati permainan dan hiburan yang ada di Alun-alun.

Gerakan Lamongan Membaca merupakan salah satu program kegiatan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan untuk meningkatkan budaya baca masyarakat. Pentingnya menumbuhkan rasa cinta buku dan budaya baca sejak usia dini sebagai bekal mewujudkan generasi emas dan berdaya saing dapat dilakukan di area Taman Baca.

"Selain Taman Baca di Alun-alun, Dinas Perpustakaan Lamongan juga mempunyai sudut baca di kecamatan maupun kelurahan yang ada di Lamongan. Ayo datang ke perpustakaan, cintai buku cintai ilmu." Tambah Ibu Rara Ari penuh semangat.

(Dimuat di Harian Surya 9/4/2019)

Comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics

Popular posts from this blog

Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja