#AyoHijrah Hidup Syariah Penuh Berkah Bersama Bank Muamalat Indonesia





Hijrah berarti berpindah, meninggalkan suatu tempat. Dalam hijrah yang saya maksudkan ini adalah hijrah yang merupakan berpindah ke arah yang lebih baik.

Berbicara mengenai hijrah, saya punya moment yang sampai saat ini masih saya terapkan dan menjadi pengingat diri.

Tahun 2016 memasuki tahun ke-3 dalam pernikahan itulah puncak dimana hubungan kami sedang diuji. Apalagi ujian dalam pernikahan yang berat adalah masalah momongan. Tangis dan tawa seorang anak yang tak kunjung hadir membuat kami, khususnya saya sebagai wanita sangat tertekan lahir dan batin. Omongan-omongan dari kanan kiri semakin berdengung menanyakan kapan kami punya anak. Bahkan tak jarang ada yang mengatakan bahwa kami tak seharusnya menunda punya anak karena umur kami yang semakin bertambah. Orang gampang bicara, tapi Allah yang punya rahasia kapan anak itu akan hadir di tengah kami.

Setelah berobat ke sana kemari, segala macam terapi dijalani tapi tetap tak membuahkan hasil. Akhirnya pasca lebaran Idul Fitri, hati saya tergugah suatu hal. Selama ini saya selalu berdoa agar dikaruniai anak yang sholeh dan sholehah, tapi saya sendiri belum bisa disebut sholehah. Bagaimana saya akan mendidik anak-anak saya jika ibunya saja masih jauh dari syariat Allah? Salah satunya yang sebenarnya wajib adalah jilbab. Selama ini saya memang sudah berhijab tapi hanya sekedar saat akan bepergian jauh. Saat kerja atau pergi ke masjid. Selain itu saya lepas jilbab bahkan pakaian saya pun bukan pakaian syari yang sesuai ajaran islam.
Di tahun 2016, setelah Idul fitri saya berani hijrah. Saya memutuskan untuk memakai jilbab baik di rumah maupun keluar rumah. Membuang pakaian-pakaian ketat dan mengganti dengan baju syari. Awal memang berat, karena belum terbiasa. Tapi seiring berjalannya waktu hingga saat ini malah sebaliknya, akan malu jika jilbab terlepas dari kepala.


Tapi bukan hanya masalah berjilbab saja yang mengusik hati saya, satu lagi adalah masalah menjalani kehidupan syariah. Hidup halal penuh berkah. Seperti mengelolah keuangan secara syariah karena bagaimana pun jika yang kita makan halal insyallah hidup penuh keberkahan. Apa yang masuk dalam tubuh nantinya jika Allah berkehendak akan mengalir  ke dalam tubuh seorang anak yang ada dalam rahim saya.



Bank Muamalat Indonesia menjawab semua permasalahan tersebut. Karena Bank Muamalat Indonesia pengelolaan dananya berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi syariah. Membangun lembaga keuangan syariah yang unggul adalah misi dari Bank Muamalat. Pada 1 November 1991, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim menggagas pendirian PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat Indonesia”) dan menjadi Bank Syariah pertama di Indonesia.

Produk-produk keuangan syariah yang dikeluarkan oleh Bank Muamalat Indonesia seperti Asuransi Syariah (Asuransi Takaful), Dana Pensiun Lembaga Keuangan Muamalat (DPLK Muamalat) dan multifinance syariah (Al-Ijarah Indonesia Finance) yang seluruhnya menjadi terobosan di Indonesia.
Produk dan layanan Bank Muamalat Indonesia juga meliputi :
1. Pembiayaan Modal Kerja
2. Tabungan
3. Giro
4. Deposito
5. International Banking
6. Trade finance
7. Layanan Corporate

Produk pendanaan yang ada dalam Bank Muamalat Indonesia menggunakan prinsip Wadiah (titipan) dan Mudharabah (bagi-hasil). Sedangkan penanaman dananya menggunakan prinsip jual beli, bagi-hasil, dan sewa.
Wadiah sendiri adalah menabung  hanya untuk menyimpan dana di bank dan tidak menginginkan bagi hasil serta tidak terkena biaya administrasi. Meski tanpa biaya administrasi, nasabah tetap bisa menggunakan tarik tunai melalui ATM. Sedangkan Mudharabah adalah Nasabah menempatkan uang di bank syariah dengan maksud untuk dikelola. Sebagai pengelola dana, bank Muamalat Indonesia membagi hasil keuntungan investasi.



Saat ini dari tahun 2018, Bank Muamalat Indonesia sedang gencar-gencarnya mengajak masyarakat untuk berhijrah ke arah ajaran Islam yang baik, sempurna dan menyeluruh (kaffah). Jadi tidak hanya berhijrah secara ibadah, tapi juga dalam hal mengelola perbankan.

Melaui program gerakan #AyoHijrah Bank Muamalat Indonesia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Karena Islam adalah agama yang tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Sang Pencipta, tapi juga jalan hidup. Sehingga #AyoHijrah mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan  mengajak masyarakat berpindah menggunakan layanan bank syariah untuk hidup yang lebih tenang dan berkah.

#AyoHijrah melakukan kegiatan-kegiatan  agar masyarakat mngerti tentang keuangan syariah. Adapun kegiatan-kegiatannya seperti Seminar / edukasi tentang perbankan Syariah, Open booth di pusat kegiatan masyarakat, Kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama dan Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah



1. Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992.
2. Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.
3. Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
4. Bank Muamalat memilki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.


Seperti yang sudah saya sebutkan tadi tentang produk-produk dan layanan Bank Muamalat Indonesia, kini melalui gerakan #AyoHijrah Bank Muamalat mengganti baru nama produk-produknya menjadi:

1. Tabungan iB Hijrah
2. Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah
3. Tabungan iB Hijrah Rencana
4. Tabungan iB Hijrah Prima
5. Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah
6. Deposito iB Hijrah
7. Giro iB Hijrah
8. Pembiayaan Rumah iB Hijrah Angsuran Super Ringan dan Fix and Fix (masih dalam proses pengajuan kepada Regulator/OJK)

Dengan diadakannya program #AyoHijrah, akan menjadikan Bank Muamalat sebagai pusat dari Ekosistem Ekonomi Syariah dan turut membangun industri halal di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Ayo semuanya kita harus berani untuk hijrah. Karena hijrah tanpa tindakan adalah mustahil. Jangan takut untuk hidup yang lebih berkah. Masalah pengelolaan keuangan berbasis syariah, percayakan kepada Bank Muamalat Indonesia.

Oh iya, untuk informasi #AyoHijrah lebih lengkapnya dapat mengunjungi media sosial resmi Bank Muamalat Indonesia di:

Facebook : Bank Muamalat
Instagram : Bank.Muamalat
Twitter : BankMuamalat
Youtube : Bank Muamalat
Websites : www.bankmuamalat.co.id

Comments

  1. Bank Muamalat, bank andalan bagi kita yang ingin keuangannya dikelola menurut syariah.

    ReplyDelete
  2. Dengan pengelolaan rizqi keluarga secara syariah semoga segera memiliki berkah indah yg berupa momongan aamiin

    ReplyDelete
  3. Dengan pengelolaan rizqi keluarga secara syariah semoga segera memiliki berkah indah yg berupa momongan aamiin

    ReplyDelete
  4. Sekarang udah di beri rizeki momongan ta mbak

    ReplyDelete
  5. Wah semangat hijrah nya ya Mba, semoga istiqomah dan dimudahkan oleh Allah..

    ReplyDelete

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics

Popular posts from this blog

Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja