Belajar Cerdas Melalui Internet


Dikutip dari internetsehat.org (22/12/2017), internet merupakan jaringan global yang terdiri dari berbagai komputer yang saling berhubungan dan bekerjasama dengan cara berbagi infomasi dan data menggunakan protocol TCP/IP. Dalam kehidupan sehari-hari, internet mempunyai segudang manfaat untuk semua kalangan, tidak terkecuali wanita. Tapi jika tidak bijak dalam penggunaan internet, maka bukan manfaat yang didapatkan namun kerugian dan keburukan.
Lalu bagaimana cara cerdas menggunakan internet khususnya bagi seorang wanita? Karena tidak jarang melalui internet, seorang wanita bisa jadi korban penipuan bahkan bullying yang berujung pada pertengkaran dan merugikan banyak orang.

A.    Peranan Wanita
Dari jaman dulu wanita sudah memiliki peranan dan kedudukan sangat penting di sepanjang perjalanan sejarah khususnya di Indonesia. Peranan wanita secara langsung diperoleh dengan terjun sebagai anggota masyarakat sedangkan secara tidak langsung, peranannya sebagai seorang ibu yang mendidik anak dengan cerdas demi mewujudkan sebuah bangsa yang maju.
Di era modern, wanita berperan aktif di ranah publik. Baik dalam bidang pendidikan, politik, ekonomi, kesehatan serta rumah tangga. Dengan peran wanita di ranah publik juga membawa perubahan sosial di masyarakat. Apalagi dengan berkembangnya teknologi yang kian maju, wanita dituntut tidak hanya menjadi ibu rumah yang hanya mengerti tentang sumur, dapur, kasur tapi juga berwawasan luas dan cerdas dalam segala bidang.
B.     Menjadi Wanita Cerdas
Wanita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang diberikan sifat lembut dan penyayang. Namun dibalik sisi lembutnya, wanita adalah sosok yang tangguh dan cerdas. Ketangguhan dan kecerdasannya dapat membawa perubahan dalam suatu negara. Lalu bagaimana agar menjadi wanita cerdas di era modern ini? dilansir dari bicarawanita.xyz (05/03/2016) ada beberapa cara yang dilakukan untuk menjadi wanita cerdas, yaitu:
1.      Wanita cerdas itu tergambar dari kepribadiannya (Attitude)
Untuk menjadi wanita cerdas dimulai dari dalam diri sendiri dengan menjadi pribadi yang menyenangkan. Bersikap sopan dan menghargai orang lain. Bersikap bijak dalam mengambil suatu keputusan serta dalam menyikapi hal-hal yang sifatnya perasaan, naluriah dan kebutuhan jasmani.

2.      Perjuangkan untuk bersekolah tinggi
Dengan bersekolah tinggi, wanita menjadi cerdas karena di sekolah tinggi daya nalar dan otak wanita dilatih untuk semakin tajam dalam melihat persoalan hidup. Dan akan sangat baik jika anak-anak dipelihara dan dibimbing oleh ibu yang memiliki pendidikan tinggi.

3.      Berpikir sebelum bertindak. Tidak mengedepankan perasaan
Wanita terkenal dengan makhluk yang sering menggunakan perasaannya dalam bertindak. Jika ingin menjadi wanita cerdas, maka harus melatih diri untuk berpikir sebelum bertindak. Memikirkan baik buruknya. Sebab dan solusinya. Serta mengambil keputusan dengan menggunakan hasil nalar hingga tidak ada pihak yang dirugikan. Karena jika mengedepankan perasaan, wanita bisa tidak adil dengan orang lain.
4.      Berbicara dengan baik serta bijak
Kecerdasan seseorang dapat dilihat dari cara dia berbicara kepada orang lain. Wanita cerdas akan bijak dalam hal berbicara. Apa yang perlu dikatakan atau tidak. Baik atau buruk bagi orang lain. Jika buruk maka lebih baik diam. Tidak terprovokasi untuk membicarakan aib orang lain.

5.      Tidak mudah jatuh, senantiasa belajar meng-up grade dan meng-up date diri
                 Wanita cerdas tidak mudah jatuh dan putus asa. Ia selalu berjuang tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga orang lain. Ia selalu meningkatkan (up grade) kemampuan dan pengetahuannya agar bermanfaat untuk orang lain. Dan juga selalu belajar mengetahui hal-hal baru (up date) termasuk pengembangan teknologi.



Dewasa ini, peran wanita sangat dibutuhkan di masyarakat. Tapi di sela segala aktifitasnya yang padat, seorang wanita juga harus selalu belajar agar tidak tertinggal jaman. Wanita dapat belajar dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekitarnya, seperti fasilitas internet. Salah satunya dengan sedikit meluangkan waktu untuk membaca. Dengan rajin membaca, perempuan akan memiliki wawasan yang luas. Membaca tidak harus selalu berkutat dengan buku tebal tapi di jaman modern ini, membaca dapat dilakukan dengan menggunakan internet. Dengan internet yang ada di gadget atau laptop, dunia seperti ada dalam genggaman.
Dilansir dari internetsehat.org (22/12/2017), beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan internet adalah:
1. Informasi yang murah, cepat dan terkini
Dengan adanya internet, segala informasi bisa didapatkan secara murah sekaligus cepat. Seperti berita politik, ekonomi, sosial, olahraga dan lain sebagainya.

2. Alat Komunikasi
Selain digunakan untuk mencari informasi, internet memudahkan untuk saling berkomunikasi dengan orang lain. Banyak aplikasi dan media pendukung yang cara penggunaannya melalui internet. Seperti E-mail dan media sosial lainnya.

3. Perpustakaan Raksasa
Internet diibaratkan seperti perpustakaan raksasa. Dengan internet, sebuah buku dapat dibaca secara online maupun offline (setelah didownload) secara gratis.  Mulai dari ensiklopedia, novel, iptek dan lainnya. Tapi tidak semua didapatkan secara gratis, ada beberapa yang harus dibeli secara online.

4. Media Promosi dan Publikasi
Internet dapat dimanfaatkan perusahaan-perusaan untuk publikasi dan mempromosikan produknya.

5. Media Bisnis
Di era sekarang, banyak proses-proses komersial dilaksanakan secara online. Mulai dari promosi, sampai transaksi pembayaran, semua dilakukan menggunakan internet.

C.    Hubungan Internet dengan Wanita
Triana Dewi seorang guru negeri di Sekolah Menengah Pertama Kembangbahu-Lamongan memiliki kesibukan yang padat setiap harinya. Selain menjadi seorang guru, ia juga seorang ibu dengan empat orang anak. Karena aktifitasnya yang padat, ia sering memanfaatkan fasilitas internet demi menunjang kebutuhannya sehari-hari. Baginya internet itu sangat penting, mulai dari beli baju secara online, beli tiket hingga mendapatkan info berita terkini.
Selain itu, dengan adanya internet ia bisa bersosialita mengikuti perkembangan jaman dan semua itu dapat dilakukan meski sedang berada di dalam rumah. Memanfaatkan media sosial untuk mengikuti grup-grup yang bisa dipilih sesuai passion. Dengan grup-grup itu dapat menambah skill dan kepandaiannya. Triana Dewi juga mengaku bahwa hidupnya tak lepas dari internet. Kurang lebih sepertiga waktunya ditemani internet. Bahkan lewat internet, ia sering mencari metode dan model pembelajaran untuk mengajar. Anak-anaknya juga sering menggunakan internet untuk kebutuhan belajar tapi tetap didampingi agar tidak terkena pengaruh buruk internet, seperti seharian main media sosial, chatting, main game sampai lupa waktu.
Begitu juga Sari Yuni Avianti, seorang ibu rumah tangga yang memanfaatkan internet untuk jualan tupperware hingga ia mencapai tingkat manager. Karena internet mendukung sekali dengan pekerjaannya, meskipun hanya sebagai ibu rumah tangga, ia dengan mudah dapat mempromosikan barang jualannya lewat media sosial tanpa harus keluar rumah.
Setiap hari ia selalu menyempatkan buka internet meski sekedar chatting. Ia menggunakan internet setiap hari tergantung kebutuhan saja untuk hal-hal positif seperti promosi jualan.
Seorang mahasiswa bernama Habibah juga punya pendapat yang sama tentang intenet. Ia sering memanfaatkan intenet untuk belajar, mencari bahan bacaan untuk kuliah. Menurutnya internet penting sekali dalam mendukung aktifitas kuliahnya. Saat tidak dapat keluar rumah atau ke perpustakaan, ia dapat mencari bahan bacaan lewat internet. Karena sekarang banyak sekali e-book gratis yang bisa didapatkan di internet.
Jika ia tidak sibuk kuliah, ia menyempatkan membaca artikel lewat internet. Sehari ia menggunakan kurang lebih lima jam waktunya untuk internet. Dengan internet, ia dapat belajar dengan mudah dan menambah wawasan pengetahuannya.
Dari beberapa cerita wanita di atas, dapat disimpulkan bahwa internet sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tentunya dengan penggunaan yang cerdas agar dapat diperoleh manfaatnya. Dengan menggunakan internet secara cerdas, seorang wanita dengan mudah dapat meraih kesuksesannya.
Berikut beberapa tips penggunaan internet secara cerdas adalah:
1.      Menggunakan internet untuk bisnis
Di era modern seperti sekarang, bisnis lewat internet itu bukan hal yang asing. Semua orang dapat menghasilkan uang melalui internet. Misal menjadi seorang freelancer. Dikutip dari Rahasia Mendulang Uang dan Membangun Masa Depan di Internet karya Wiro Hardy tahun 2014, siapa saja yang memiliki keahlian, waktu, komputer  dan akses internet dapat menghasilkan uang dan  kemakmuran melalui bisnis freelancing.
Selain itu internet  sebagai media promosi atau jualan online atau menyalurkan bakat menulis (blogger)

2.      Mencari data-data atau berita penting
Dimanfaatkan ntuk keperluan kuliah atau mengajar atau keperluan penting lainnya. Misal resep memasak, tutorial makeup, cara buat kerajinan tangan dan sebagainya.

3.      Membeli tiket, baju atau kebutuhan lainnya
Mengikuti perkembangan jaman, banyak aplikasi toko online bermunculan. Ini memudahkan para wanita yang tidak punya banyak waktu memanfaatkan hal ini. Tinggal buka aplikasinya lalu pilih barang yang diinginkan, bayar dan barang sudah siap diantar ke rumah. Begitupun dengan beli tiket kereta api, pesawat, bahkan hotel pun tersedia secara online.

4.      Alat komunikasi sesama keluarga, teman atau klien
Mulai dari E-mail, BBM, Facebook, WA, Instagram, Twitter dan lainnya yang dapat dipergunakan komunikasi dengan orang lain.

5.      Tidak dipergunakan untuk menyebarkan berita hoax atau bergosip
Menyaring informasi terlebih dahulu sebelum disebarkan ke orang lain. Karena di internet juga masih banyak beredar berita hoax. Jadi harus pandai memilah informasi.


Daftar Pustaka
Hardy, Wiro. 2014. Rahasia Mendulang Uang dan Membangun Masa Depan di Internet. PT Panonpoe Media
Website:
1.      Internetsehat.org
  1. bicarawanita.xyz
Narasumber:
Triana Dewi
Sari Yuni Avianti
Habibah

(Diterbitkan dalam buku Wanita Punya Cerita tahun 2018)


Comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics

Popular posts from this blog

Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja