Alun-Alun, Wisata Gratis di Tengah Kota Lamongan

Berkunjung ke kota Lamongan tak lengkap jika belum mengunjungi wisata-wisata yang ada di Lamongan. Ada banyak tempat wisata yang menarik dan instagenik di Lamongan. Termasuk Alun-alun Lamongan. Sebagai salah satu tempat wisata di tengah kota yang gratis, Alun-alun LAmongan setiap harinya sangat ramai dikunjungi dari pagi, siang, sore. Apalagi jika malam menjelang, lampu-lampu di sekitar alun-alun serta riuhnya pengunjung menjadi daya tarik sendiri. Untuk berkunjung ke sini hanya dikenakan tarif parkir saja sekitar 2000 rupiah.

Alun-alun adalah tempat dimana semua masyarakat Lamongan berkumpul. Tempat luas terbuka di tengah kota ini menjadi jantung kota Lamongan. Beberapa jenis tanaman menghiasi di setiap sudut menambah keindahan serta keasrian alun-alun. Dan dengan beragam fasilitas yang disediakan, menjadikan alun-alun Lamongan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Lamongan.

Event Panggung Gembira
Ada beragam fasilitas yang ditawarkan, seperti taman,  arena bermain, taman baca, lapangan basket, lapangan sepak bola, tempat jogging dan lainnya. Di Alun-alun Lamongan, pengunjung juga dapat memberikan makanan kepada burung-burung yang berada di sangkarnya. Burung-burung dara akan mendekat kepada pengunjung apabila diberi makanan. 



Jika ingin merasakan ramainya alun-alun Lamongan, berkunjunglah pada hari Minggu. Karena selain hari libur, di alun-alun ada senam bersama yang dapat diikuti semua orang dari berbagai umur dan kalangan. Acara ini terkenal dengan MINCE atau Minggu Ceria. Beragam pertunjukan ditampilkan di acara tersebut. Selain itu, banyak area bermain untuk anak-anak. Ada mandi bola, jungkat jungkit, motor mainan, dan sebagainya. Jika berkunjung pada hari Minggu, tumpah ruah masyarakat tidak hanya di dalam alun-alun saja tapi meluber hingga ke jalan sekitar alun-alun. 
Ada yang sekedar jalan-jalan, jogging ataupun bersepeda. 


Perpustakaan Keliling Dinperpusda
Dan bagi yang suka hobi membaca, di sebelah timur alun-alun terdapat Perpustakaan keliling yang merupakan program dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Lamongan. Tentunya sangat menarik bukan jika membaca bersama-sama teman dan keluarga? Tapi Perpustakaan keliling ini hanya ada di alun-alun pada hari Minggu saja. Selain itu di dalam alun-alun juga tersedia Taman Baca dari Dinas Perpustakaan Lamongan yang buka setiap hari. 



Sebelah barat alun-alun terdapat Masjid Agung dengan dua menara kembarnya yang merupakan masjid bersejarah dimana di halamannya terdapat dua gentong peninggalan Putri Kediri yang terkenal dalam cerita Panji Laras Liris anak Tumenggung bupati Lamongan. Sebelah utara alun-alun terdapat  bangunan pendapa. Yang menjadi tempat berkumpul, beristirahat atau kegiatan lainnya. Sedangkan sebelah selatan alun-alun dihiasi dengan menara air yang cukup tinggi serta terdapat kantor bupati dan pemerintah daerah di seberang jalan. Dan sebelah timur merupakan sarana bermain untuk anak-anak.




Hal yang menarik di alun-alun Lamongan adalah adanya sebuah monumen pesawat TNI Angkatan laut. Pesawat Nomade yang bernomor lumbung P 086 N 2255 ini buatan Australia tahun 1974 diletakan di tengah-tengah alun-alun.



Selain untuk tempat wisata, alun-alun juga digunakan untuk tempat upacara kenegaraan atau kegiatan pendidikan serta berbagai pameran seni dan budaya yang ada di Lamongan. 

Tertarik untuk menjadi bagian ramainya alun-alun Lamongan? Ajak keluarga, teman dan kekasih datang ke sini!

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Alun-alun yang baru tambah bagus, apalagi dengan keberadaan taman baca di pojok itu. Kalau ada wifi-nya tambah asyik tuh hehe. Semoga warga bisa menjaga kebersihannya biar bisa dinikmati bersama.

    ReplyDelete
  3. Iya, fasilitas penunjangnya udah cukup lengkap kalo ada wifi tambah kece ya.

    ReplyDelete
  4. Eh sudah ada WiFi loh man teman.. wah udah lama nih ya gak ke alun2..hehe

    ReplyDelete
  5. Lupa gak tk cantumin wifinya🤭

    ReplyDelete
  6. Alun alun Lamongan adalah tempat wisata favorit anak-anak, terutama yang dari desa. Gk lengkap rasanya kalau sudah di kota Lamongan gk mampir ke alun alun ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics

Popular posts from this blog

Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja