Kelola Keuangan Untuk Masa Depan Yang Cerah


"Pangkas pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting." Begitu yang dikatakan oleh Dipa Andika Ceo-Founder of Hahaha Corp dalam talkshow persembahan Home Credit Indonesia yang saya hadiri pada Sabtu, 14 Desember 2019 di Boncafe Surabaya.

Sebagai seorang wanita apalagi sebagai pengelola keuangan dalam keluarga, terkadang saya bingung untuk mengatur dan memangkas keperluan-keperluan yang tidak penting. Apalagi saat ada godaan diskon di mall ataupun toko online. Padahal sebenarnya kalau dipikir-pikir lagi semua barang diskonan itu sudah punya di rumah. Tapi karena sudah ada kata "diskon", hal-hal seperti itu jarang dipikirkan.

Tapi beruntungnya saya berkesempatan hadir dalam acara Home Credit Indonesia Sabtu kemarin. Saya hadir bersama teman-teman mewakili undangan dari komunitas ISB atau Indonesian Social Blogpreneur.
Saya berangkat bersama dengan teman-teman blogger Lamongan, yaitu Mas Rudi dan Mbak Muna naik kereta Sulam (Surabaya Lamongan) jam 6 pagi. Sebenarnya dari Blogger Lamongan juga ada Mbak Triana Dewi, Mbak Hanifah dan Mbak Malica tapi Mbak Triana dan Mbak Hanifah berangkat dari Surabaya sedangkan Mbak Malica menyusul dari Lamongan naik bus.
Sesampai kami di Stasiun Pasar Turi, kami bertemu dengan Mas Didik dari Bojonegoro. Dan kami berangkat bersama-sama ke lokasi acara.

Saat sampai di lokasi acara, terlebih dahulu saya registrasi  ulang dan menulisan financial goal serta nama pada selembar kertas.  Financial goal tersebut akan di tempel pada papan yang sudah disediakan. Di lokasi acara tersebut juga disediakan booth untuk foto-foto dan diupload di medsos karena dilombakan.


Acara dibuka oleh Arditya Erwandha, MC yang keren dan pembawaannya yang asyik. Nah di talkshow ini ada dua pembicara yang akan berbagi ilmu tentang pengelolaan keuangan yaitu Dipa Andika Ceo-Founder of Hahaha Corp dan Christie Erin, Ceo-founde Basha Market & shorts.   Acara bertema CEO IN THE MAKING: Financial Tips to Transform Your Passion Into a Bussines ini peserta yang datang memakai dresscode berwarna merah.

Sebelum acara talkshow dimulai, ada beberapa permainan untuk pemanasan para peserta, yaitu tentang siapa yang paling banya nuansa merah dalam pakaiannya, pulsa dan saldo ATM terkecil akan mendapatkan voucher belanja.


HOME KREDIT INDONEISA

Sambutan disampaikan oleh Mbak Freya, perwakilan dari Home Credit Indonesia. Dalam sambutannya, Mbak Freya menjelaskan  tujuan  acara Home Credit Indonesia yang sudah diadakan dibeberapa kota, yaitu membantu orang-orang untuk mengelola keuangan yang baik demi masa depan.
Home Credit menyediakan pembiayaan cicilan tanpa kartu kredit di beberapa toko. Seperti pembeliaan barang-barang elektronik, perlengkapan rumah tangaa dan furniture. Home Kredit didirikan sejak tahun 2013 di Jakarta.


Cara Mengatur Keuangan


Setiap orang harus punya mimpi dan tidak ragu untuk mewujudkannya, kata Christie Erin, Ceo-founde Basha Market & shorts.

Ya, saya sangat setuju dengan apa yang dikemukaan oleh Christie Erin bahwa setiap orang harus punya mimpi. Tapi bagaimana mewujudkan mimpi-mimpi tersebut? salah satunya yaitu dengan mengatur keuangan dan bekerja keras agar passion dapat dilaksanakan.
Dalam kesempatannya, Erin juga menceritakan pengalaman saat membangun usahanya. Mencari patner yang selalu berjalan beriringan, dan tidak mencampur tabungan pribadi dengan uang kantor.



Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar keuangan stabil dan tidak besar pasak daripada tiang menurut Dipa Andika, yaitu :

1. Pangkas pengeluaran yang tidak penting
2. Investasi yang bertujuan untuk dana pensiun, sekolah anak, asset, liburan dst
3. Catat pengeluaran dan pemasukan secara konsisten
4. Pisahkan uang pribadi dan uang kantor
5. Selalu siapkan dana darurat

"Sukai pekerjaan yang kamu lakukan maka uang akan mengikuti" (Dipa Andika Ceo-Founder of Hahaha Corp)

Usai mengikuti acara ini, saya jadi ingin menerapkan sistem perencanaan keuangan yang baik karena selama ini keuangan saya belum tertata dengan rapi.

Yuk, teman-teman mulai dari sekarang mulai atur keuangan.




Comments

  1. Pisahin uang pribadi dan bisnis ternyata gampang-gampang susah, Fit. Kadang pas nerima hasil penjualan, eh langsung aja kepakai buat jajan atau kebutuhan pribadi. PR banget buat konsisten nyatat pengeluaran juga.

    ReplyDelete
  2. Acaranya seru ya mbak kemarin

    ReplyDelete

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

statistics

Popular posts from this blog

Omah Oblong, Sentra Kaos Oblong Unik Khas Jogja